SISTEM ANDON UNTUK PABRIK


SISTEM ANDON

Jika diterjemahkan dari bahasa Jepang, andon merupakan lampu lentera tradisional Jepang yang terbuat dari kertas. Andon adalah sebuah istilah manufacturing yang berarti sistem untuk memberikan peringatan kepada management, maintenance, dan pekerja lain tentang kualiatas ataupun masalah yang terdapat pada proses.

Inti dari andon adalah sebuah papan tanda yang dilengkapi dengan sinyal lampu untuk mengindikasikan apakah terdapat masalah pada workstation. Alert atau tanda bahaya dapat diaktifkan secara manual oleh operator melalui tombol bahaya maupun secara otomatis dari sensor yang terdapat pada alat tersebut.

Beberapa peralatan modern yang dilengkapi dengan alarm suara, tulisan, dan display lainnya telah memodifikasi andon ini dengan menghubungkannya dengan mesin atau peralatan sehingga mesin tersebut akan berhenti bekerja jika terjadi suatu masalah.

Dalam penerapannya terdapat beberapa andon lights yang digunakan dalam sistem manufaktur. Berikut beberapa jenis andon lights yang umum digunakan :

Tumpukan andon lights berwarna

Pada umumnya warna hijau mengindikasikan kondisi normal, warna kuning mengindikasikan perlunya bantuan, dan warna merah (biasanya terhubung dengan alarm suara) mengindikasikan bahwa proses produksi terhenti atau akan berhenti dengan segera.

 Display andon atau papan andon

  • Papan menunjukan summary dari beberapa work stations
  • Dapat digunakan untuk memberikan sinyal pada masing-masing station tentang line assembly yang siap untuk diberi pekerjaan.
  • Dapat juga digunakan untuk menunjukan station mana yang memiliki masalah.

Andon yang dihubungkan ke mesin dan memberikan sinyal jika terjadi masalah

Jika masalah tersebut benar-benar critical, maka andon dapat menjadi indicator yang langsung menghentikan atau melakukan pencegahan lain secara otomatis jika terjadi masalah.

Sistem andon ini sendiri merupakan salah satu prinsip dari metode Jidoka quality-control yang dipelopori oleh Toyota sebagai bagian dari Toyota Production System yang juga merupakan pendekatan dari konsep Lean.

2 thoughts on “SISTEM ANDON UNTUK PABRIK”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s