AVR SERIAL ATMEGA16 + BORLAND DELPHI

apdcomport merupakan component delphi untuk komunukasi serial, dapat di download di http://sourceforge.net/projects/tpapro.

dibandingkan dengan mscomm dan comport. apdcomport selangkah lebih maju, dan bisa dikatakan keren. tapi disini saya akan menggunakan komponen comport dan apdcomport.

agar cepat bisa mengerti langsung saja kita buat project.

jam digital menggunakan rtc ds1307 terhubung dengan komputer menggunakan component comport dan apdcomport.

tampilan program delphi anu teu acan jadi.

ApdComPort1.Open:=false;// digunakan untuk disconect serial

ApdComPort1.Open:=true; //digunakan untuk connect serial

ApdComPort1.Output:=’A’  //digunakan untuk mengeluarkan data ke serial

hardwarena pake mikrokontroler atmega16+rtc ds1307

tah ieu tampilan program delphi anu tos janten.

download kabeh source codena. keheula keur di jieun uingna keur streesssss euy. bagi bagi atuh euy mun nu boga project teh.

wassalam

dhani nugraha.

Iklan

belajar bareng mikrokontroler avr sama akang dhani

bagi teman teman yang sedang mulai belajar mikrokontroler, mari belajar sama kang dhani. saya akan memberikan contoh skematik dan source code dengan bascom avr dan win avr gcc. untuk penjelasannya karena saya bukan ahli menjelaskan kalian bertanya aja kepada yang ahlinya.kalo yang mudah mudah insya alloh saya bisa menjawab pertanyaan seputar mikrokontroler.

  1. – tools bascom avr + winavr gcc +avr+studio (“kalian cari aja di google sendiri”)
  2. – proteus digunakan untuk simulasi (“cari di google”)
  3. downloader avr (paralel port support pony prog)
  4. TUTORIAL PONYPROG
  5. downloader avr usb asp
  6. usb to serial pakai attiny 2313.
  7. tutorial penggunaan proteus
  8. materi 1 output (output 1 byte)
  9. materi 2 output 2 (output 1 bit)
  10. materi 3 output (pembacaan memory program)
  11. -materi 4 input
  12. timer
  13. -counter
  14. -interupsi
  15. -adc
  16. -i2c
  17. -eeprom
  18. -keypad
  19. -lcd
  20. -pwm
  21. serial
  22. -spi
  23. -watchdog internal
  24. -sensor jarak srf 04 dan lcd
  25. sensor jarak ping dan lcd
  26. -kompas cpms 03
  27. sensor warna tcs230
  28. -raw format mmc
  29. -rtc ds1307
  30. -rtc ds 12c877
  31. -eeprom eksternal 24cxx
  32. -kontrol dengan handphone
  33. -eeprom spi m95256
  34. -kontrol motor dc dengan pwm bascom avr + c
  35. program line follower PID bascom avr + C

kayanya mantap kalo dibikin buku, atau modul belajar, bikin modulnya sendiri, nanti dijualin, lumayan buat beli susu de keisha. mudah mudahan bisa terwujud. amin

bersambung————– insya alloh akan saya update terus.

SALAH TULIS FUSEBIT AVR “TENANG”

jika kita salah nulis fusebit AVR kadang mikrokontrolernya ga bisa di program lagi. saya punya pengalaman, agar mikrokontroler sembuh, maka caranya dengan disuntik. hahahahaahahaha, aya aya wae

langkah -langkah untuk menyuntik avr:

1. pertama tama kita buat alat untuk ngeluarkan clock 100us terus menerus, lebih cepat lebih baik. bisa pakai mikro, bisa pakai ic 555

2.kemudian alat tersebut digunakan untuk menyuntik kaki pin xtal1.

3. sambil menyuntik kaki pin xtal 1, kita sambil merubah setingan fusebit, pada ponyprog, atau avr dude

mudah mudahan penyakitnya sembuh

berikut gambarnya.

ini tidak berlaku untuk kasus atmega8 yang pin resetnya dijadikan output,itu penyembuhannya harus bikin program paralel.