SALAH TULIS FUSEBIT AVR “TENANG”


jika kita salah nulis fusebit AVR kadang mikrokontrolernya ga bisa di program lagi. saya punya pengalaman, agar mikrokontroler sembuh, maka caranya dengan disuntik. hahahahaahahaha, aya aya wae

langkah -langkah untuk menyuntik avr:

1. pertama tama kita buat alat untuk ngeluarkan clock 100us terus menerus, lebih cepat lebih baik. bisa pakai mikro, bisa pakai ic 555

2.kemudian alat tersebut digunakan untuk menyuntik kaki pin xtal1.

3. sambil menyuntik kaki pin xtal 1, kita sambil merubah setingan fusebit, pada ponyprog, atau avr dude

mudah mudahan penyakitnya sembuh

berikut gambarnya.

ini tidak berlaku untuk kasus atmega8 yang pin resetnya dijadikan output,itu penyembuhannya harus bikin program paralel.

35 tanggapan untuk “SALAH TULIS FUSEBIT AVR “TENANG””

  1. maangstaaabs Gan….perlu dicoba ini….kuburan mikro ditempaku udah banyak Mas…berarti digali lg ya untuk menemukan jasadnya…hehehe….

  2. Ada lg yg gampang. Klo punya minimum lain tdk usah buat rangkaian 555. cukup sambung pin GND minimum mikro sakit sama yg sehat. sambung juga pin XTAL1 mikro yang sakit sama pin XTAL2 mikro yang sehat. terus hidupin keduanya. terus ikuti langkag ke-3 kang dhany.

    mikro penolongnya (mikro yang sehat) bisa sembarang. MCS51,AVR, bahkan 8051,8031 bisa digunakan.

    1. trima kasih mas tips n trik nya, avr saya udah bisa.
      bahan yg saya gunakan:
      1. 1 buah board arduino (ato yg kompatible) untuk AVR chip yg sakit. (akan kita sebut BOARD 1 biar lebih jelas)
      2. 1 buah board arduino (ato yg kompatible) yg sehat wal afiat. (kita namakan BOARD 2)
      3. 1 buah board AVRISP-MKII
      caranya :
      1. pin XTAL1 BOARD 1 di jumper ke pin XTAL2 BOARD 2 (tips dari mas Anang)
      2. board AVRISP-MKII di hubungkan ke BOARD 1
      3. dengan AVR STUDIO, coba seting dech fusebit AVR yg sakit.(tips dari kang Dhany)
      4. PENTING : pin ground BOARD 1 dan BOARD 2 harus di hubungkan juga.
      5. gbr referensi : dari kang Dhany dan http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash2/hs299.ash2/57964_1178153510710_1734327930_337542_319783_n.jpg

      semoga berhasil…

  3. mas bisa kasih contoh gak ..seperti apa sih kasus salah menulis fuse bit..

    misal saya menggunakan atmega8 ,crystal 12mhz.terus di fuse bit harus diset seperti apa yang benar?

    terimakasih atas pencerahannya mas

  4. saya udah coba tapi masih tetap jg sy blm bsa nyembuhn atmega8 nih 2 lg mana skrg lg mhl, mas apakah harus pake port paralell ngerubahnya?tolong dibantu sayang klo hrs bli lg…

  5. Tolong lebih detail lagi cara/tutorialnya mas dhani..
    Maklum Masih Newbie Banget Soal Avr Nih..

    Atau Kirim Ke Email Saya aza ya Panduan Lengkapnya..

    Thanks..

  6. Mas, saya mau tanya tentang detail topik ini.
    Saya paham apa yang dimaksudkan, tapi untuk kejelasan rangkaiannya mohon diperdetail.
    Ini coba saya buat, dan kalau ada yang kurang atau salah mohon di benarkan agar teman-teman yang lain mengerti dan bisa membuatnya.
    ini gambarnya :

  7. Untuk memperjelas lagi.
    clock sebesar 100us itu berarti 1 gelombang memakan waktu 100us?
    dan secara gamblangnya jika membuat clock memakai avr logikannya seperti ini :
    1. beri logika 1 ke portc.0
    2. tunda 50us
    3. beri logika 0 ke portc.0
    4. tunda 50us
    sudah benarkah mas??
    kalau sudah benar berarti jika memakai bahasa bascm avr akan seperti ini :
    ‘————————————————–
    $regfile=”m32def.dat”
    $crystal=16Mhz
    config portc=output
    do
    portc.0=1
    waitus 50
    portc.0=0
    waitus 50
    loop
    ‘————————————————–
    semoga bermanfaat bagi yang lainnya.
    salam kenal mas.

  8. solusi ini hanya berlaku jika untuk beberapa kasus aja.
    kadang punya saya juga ada yang bisa ada yang ngga.

    kalo misalnya pada atmega 8 kita salah tulis fusebit pin rset di jadikan input output nah kasus seperti ini tidak bisa disembuhkan harus dengan metode paralel dan pin reset di beri tegangan 12 v

    cari aja namanya fusebit doctor avr itu lebih lengkap.

  9. mas,, saya udah coba ngerangkai mikro sehat sama mikro sakit..
    trs saya juga udah nge-program mikro sehat supaya ngeluarin clock,,

    nah setelah itu kan tinggal ngatur fusebitnya tuh,, itu berarti downloader saya hubungkan dengan mikro sakit trs saya download dengan program kosong dengan fuse bit yg udah diatur ya mas?

    klo misalnya mikro sakit saya itu atmega8 pake crystal 12 mhz, trs saya atur fusebitnya ke low:FF high:C9,, bener ga mas?

  10. Mas kalo punya saya Kena penyakit write Protect masih bisa diperbaiki g mas? soalnya fusebitnya udah g bisa dirubah2 lagi, jadi semua fuse bits klo di read centang semua

  11. saya ikutan nimbrung yah…. soalnya lagi mo cari2 cara mudah perbaiki uC gara2 salah fuse bit. awalnya mo bikin downloader, masih ga mudeng kalo xtalnya pake external. akibatnya 3 uC ATmega8 ga bisa baca…
    apakah pake cara diatas atau referensi pake uC yang sehat bisa menyembuhkan uC saya?
    thnx.

  12. mas,,,atmega128 nggak bisa di program… saya memprogramnya pake USBasp…

    softwarenya saya pake khazama dan selalu muncul seperti ini mas errornya :

    :error:programm enable:target doesn’t answer.1
    :initialization failed,rc=-1

    double check connections and try again, or use-F to override this check

    done. thank you

    apa saya salah setting fuse bitnya ya mas ?

    kalo iya, bagaimana caranya biar bisa diprogram lagi atmega128 saya mas? saya udah coba beri sinyal 100us ke xtall1 atmega128, tetapi masih belum bisa mengatur fuse bitnya.

    mohon solusinya mas,,,kirim aja ke :bahrululum2289@gmail.com

    terima kasih sebelumnya

  13. itu yg di mikro yg sehat clocknya bebas atau gmn?
    trus fuse bitnya mikro yg sehat disetting gmn?
    trus mikro yg sehat perlu diprogram segala gak?

    maap bnyak nannya. .
    hehe

    thanks mas bro..

  14. cara gampang ada lg nih, cabut crystalnya dan capasitor pendukungnya(jumlahnya2), lalu pki downloader usbasp pada software extreme burner-AVR. Di tool fuse Bits/setting kita isi low dan high fuse isi dgn default pabriknya dan centang kotak writenya, kemudian kita pegang kedua tempat solder kaki crystalnya dengan tangan (jgn pki alas kaki).Kalau sudah siap klik write. klo berhasil software akan memberitahukan bahwa chip incorrect klik aja ok. Bila gagal ulangi terus jgn putus asa, sekali-kali ganti chip settingnya dgn persamaannya contoh atmega8 dgn atmeg16.
    Dijamin 100% berhasil karna sy dah lakukan berkali2x selalu sukses.

    1. Wah ini cara ampuh..Josssssss..coboyyyy,terima kasih mas..betul2 bermanfaat dan menolong seperti saya yang baru belajar, tak doakan sehat panjang umur banyak rejeki mas..

  15. kenapa jadi 2 nya yang ga bisa ke detect gan mcu nya?hadzuh..dengan cra mnggabungkn pin xtal 1 ke 2 dan pin ground..

    1. jgn di ground nin gan, pki jari tangan coba erase chip ada bacaan incorrect ok aze tunggu sampai selesai balik lg write fuse jadi intinya klo ada peringatan incorrect chip avr kita masih bisa sembuh. 3 Atmega8 sy sembuh ko gan pakai trik ini, temen2x juga

  16. Worҝing as a freelance paralegal has factorѕ іn itѕ favor,
    andd elements whіch might bbe negative to some people. If ɑ way of adventᥙrе and pleaѕure in your work life is
    what would go well with you the perfect, freelancing maay very well bbe a terrific option for you!

Tinggalkan komentar