membuat player file wav dengan avr ,dac r-2r, mmc dengan simulasi proteus.

17 November 2010

mungkin banyak proyek yang memakai modul suara soklah saya akan mencoba menjelaskannya se detail mungkin. tapi kalo ada yang dapat projek terus memanfaatkan artikel saya ini, heheheheh biasa royalti 10% per alat. hehehehe. bagi bagilah. anda kaya saya pun kebagian atuh.

bahan yang harus di sediakan:

– komputer.

– proteus, versi nya yang sudah ada MMC nya.

– winhex.

-goldwave.

-avr studio +avr gcc (bahasa c).

sekarang kita buat skematik bohong bohongannya di proteus

 

di buat saja dulu di proteus. nah kalo malas buat bisa di download file proteus nya disini

udah segitu dulu. sok cari heula. besok saya update.


bermain main dengan xbee pro 100 mWatt

16 November 2010

dapat juga kesempatan ngoprek modul xbee pro, padahal dulu kalo bantuin expert swarm ugm krci 2008 sudah ngoprek tuh. ya tapi kesempatannya baru dapat sekarang. ini pun ngerjain project orang lain. lumayan lah.

udah banyak kok yang bahas. ngga perlu di bahas aja. mau pamer photo saja. wkwkwkkww

kalo sudah sering memakai komunikasi serial pasti bisalah memakai modul ini. kaya nya dalam modul ini penerimaan data sudah ditangani sama chip di dalamnya, jadi data yang di keluarkan dari serial xbee pro sudah valid, kalo tidak valid modul ini tidak akan mengeluaran data serial.

maksudnya cek error komunikasi datanya sudah di tangani sama modul ini. beruntunglah yang memakai modul ini, karena ngga terlalu pusing ngurus crc atau cheksum. sok maronggo lah, paleser tah.

saya ngetest kalo dalam ruangan  banyak halangan kira kira 50 m. Kalo LOS katanya 1.6km Sa ya belum pernah nyoba

nah ini blog mungkin dapat membantu anda untuk ngoprek xbee pro

http://forums.trossenrobotics.com/tutorials/how-to-diy-128/xbee-basics-3259/

http://www.kei-elektronik.com/


STANDALONE PROGRAMMER AVR

27 Oktober 2010

standalone programmer atau alat copy mcu, atau downloader tanpa PC. ini saya buat karena saya memerlukan sebuah alat downloader tapi dapat hidup tanpa sebuah KOMPUTER.  maklum saya cuma punya 1 komputer, kalo saya pergi ke luar kota, wah proses produksi key electronic terganggu.akhirnya dengan menggunakan BOARD AVR TRAINER 2.0. saya membuat firmware nya. berikut hasilnya. ayo beli modul avr trainer 2.0. dapat source code stand alone programmer.

menu nya ada 7:

1. cek ic  : maksudnya mengecek enable spi, apakah masih berfungsi atau tidak

2. baca flash : membaca flash ic kemudian datanya disimpan di eeprom

3.tulis flash : mengisi flash ic tujuan dengan data yang sebelumnya disimpan di eeprom

4. hapus flash: menghapus isi flash

5.baca fusebit : membaca fusebit

6. tulis fusebit: menyetting fusebit sesuai dengan keingin kita

7. read signature.

nah ini instruksi set dari datasheet atmega8

AYO segera beli MODUL AVR TRAINER 2.0. dapatkan segera bonus standalone programmer.

ini source code nya dapat di download

hubungi : DHANI NUGRAHA (085228292473)


sekilas tentang SPI

17 Oktober 2010

tulisan ini hanya basa basi aja, tidak ada ilmu tambahan selain di datasheet ATMEL. tujuan belajar SPI yaitu kita akan membuat standalone programmer AVR(artinya kita akan membuat sebuah alat untuk memprogram IC AVR tanpa komputer), mungkin nantinya banyak digunakan di pabrik pabrik yang memakai mikrokontroler,

“UNTUK YANG DCS BIKIN SENDIRI SAJA”

SPI merupakan kepanjangan dari Serial Peripheral Interface, Protokol SPI ini sudah umum digunakan oleh pecinta mikrokontroler,  pada ic avr sudah ada hardware untuk menangani komunikasi SPI, nah untuk ic yang belum ada hardware spi nya protokol ini dapat di buat secara software.

Ada 2 macam mode SPI yaitu

1.   Satu master, satu slave

2.   Satu master, beberapa slave

 

register register pada avr yang berhubungan dengan SPI:

1. SPCR

2. SPSR

SPCR(SPI Control Register)  merupakan register control SPI untuk mengatur aktivasi SPI, mode SPI dan kecepatan data transfer SPI.

SPSR(SPI Status Register) merupakan register  untuk pengaturan kecepatan data transfer menjadi 2x kecepatan awal.

Untuk lebih kerennya belajar SPI lihat saja di datasheet atmel

Inisialisasi SPI

inisialisai SPI untuk mode master. Inisialisasi meliputi setting port MISO,MOSI,CS,SCK, mode spi dan kecepatan transfer data. Berikut program insialisasi SPI:

void init_spi()

{

DDRB &= ~(1 << SPIDI);     // set port B SPI data input to input

DDRB |= (1 << SPICLK);     // set port B SPI clock to output

DDRB |= (1 << SPIDO);      // set port B SPI data out to output

DDRB |= (1 << SPICS);      // set port B SPI chip select to output

SPCR = (1 << SPE) | (1 << MSTR) |(1 << SPR1) | (1 << SPR0);

SPSR = (1 << SPI2X);

}

 

Membaca dan mengirim data SPI

SPDR(SPI Data Register) merupakan register untuk membaca dan menulis pada transfer data SPI. Berikut program untuk baca tulis data SPI

char spi(char d) //kirim terima 1 byte data SPI

{

char received = 0;

SPDR = d;//mengirimkan sebuah  data

while(!(SPSR & (1<<SPIF)));//menunggu SPIF sampai bernilai 1

received = SPDR;//membaca data SPDR

return (received);//

}

ya sudah dulu sekian dari saya. mungkin untuk artikel selanjutnya kita akan langsung membuat sebuah aplikasi yang menggunakan PROTOKOL SPI untuk membuat STANDALONE PROGRAMMER AVR


menghubungkan modem wavecom dengan avr trainer basic 2.0

2 Oktober 2010

modem wavecom  yang saya beli ini saya beli di toekang modem. nah jika udah punya avr trainer basic 2.0. kita tinggal menghubungkannya melalui komunikasi rs 232.

nah seperti ini gambarnya

untuk menghubungkan kita tinggal beli db-9 male 2 buah. nah yang dihubungkan kaki 2,3, dan 5.  dihungkan cross.

modem wavecom ini dapat di setting baudrate nya. baudarate nya anatara 2400-115200. untuk menyetinggnya kita tinggal memberikan perintah at command

“AT+IPR=nilai_baudrate”

Nah setelah itu agar baudratenya tersimpan di modem wavecom maka harus disimpan,perintah at commandnya

“AT&W”

modem wavecom ini juga dapat direset secara software maupun secara hardware. nah kalo secara software dengan perintah

“AT+CFUN”

AT COMMAND YANG SERING DI PAKAI

AT+CMGL=”ALL” //BACA SMS
AT+CMGD=1,4 // DELETE SMS
ATE0 //KILL ECHO
AT+CUSD=1,*888# CEK PULSA
AT+CFUN=1 //RESTART
AT+IPR=BAUDARATE
AT&W // SAVE

Untuk aplikasi saya membuat contoh program untuk mematikan dan menyalakan led pada portb.0. kemudian modem akan mengirim report balik kepada nomor yang memerintahnya. nomor yang memerintahnya bebas, asalakna kata kunci yang disms kan benar.

udah langsung saja download programnya



Mikrokontroler untuk Pemula sekalian jualan

9 Agustus 2010

instal avr studio +instal win avrgcc+instal proteus dan cara penggunaaanya

demo_proteus

instal avr dude

setting alarm modul avr trainer2.0

demo isi program ic pada sisi hardware

demo isi program ic pada sisi software

output untuk menyalakan led,buzzer, dan relay menggunakan bahasa c(winavr gcc), asembler (avr studio) dan basic (bascom avr)

ADC untuk membaca data LDR, untuk menentukan on off 8xled merah menggunakan bascom dan win avr gcc

remote sony

tambah kesel teu aya dameul, atos wen ngarubah source code remote sony bascom kana avr gcc, sok tah bilih aya nu peryogi tapi nganggo bahasa c avr, punten pami nu 8051 teu acan di dameul teu gaduh ic na.

eta ic penerima na kaleresan sabtu tanggal 4 sept 2010 jam 12.30 meser di pcm elektronik glodog hargana 2000 perak. lumayan lah kanggo ngabuburit mah. teu seuer basa basi atos wen donload wae padawean sim kuring kamari.

download source dan skematiknya

lcd angka badag (big number)


panasaran deui gara gara lcd 2×16 aksarana alit, teu tiasa kabaca, atos wen simkuring ngadameul library sorce lcd kanggo angka ageung, lumayan lah jadi katingali di kajauhan gen, ngan ayeuna mah nu asalna lcd 2×16 teh jadi robih jadi lcd 1×4

download source

source code bascom avr

thermometer angka badag

tah ieu aplikasi lcd angka badag kanggo thermometer, lumayanlah kanggo barudak sakola, sd,smp atawa smu ameh beuki resep di ajar mikrokontroler, sok marangga daronload source na, tambah ulah halilap atuh maleser modul di KEY ELECTRONIC.

saya maju bersama anda, dan anda maju bersama saya. wkwkkwkkwkw, aya aya wae, bohong ketang

download source

sensor lm 35 untuk on off relay

aplikasi ini digunakan untuk mematikan dan menyalakan relay, jika input dari lm 35 suhunya dibawah 80 maka relay aktif dan jika suhu diatas 80 maka relay mati. langsung saja download source nya.

DASAR KEYPAD 3X4

keypad banyak digunakan untuk aplikasi mikrokontroler, khususnya untuk menyeting sesuatu. nah saya akan memberikan contoh dasar penggunaan keypad. silahkan download

dulu keypad ini buat proyek apa gitu, tapi salah beli, harusnya 4×4 eh malah beli 3×4. jadi itung itung tambah kesel atos wen saya pakai buat contoh dasar penggunaan keypad


antarmuka 7 segment versi mahal tanpa scaning.

27 Mei 2010

sudah lama tidak nulis akhirnya kangen juga. antarmuka 7 segment banyak caranya yang sering di pakai ketika saya dulu pertama belajar mikrokontroler yaitu dengan teknik scaning, dan kelemahannya yaitu program harus terus menerus update tampilan. nah ketika program meninggalkan layanan update tampilan.  maka dengan seketika 7 segment akan berkedip.

nah tulisan ini akan menceritakan antarmuka 7 segment dengan teknik shift register dan latching. jadi kita cuma update tampilan 1 kali. sesudah itu program bisa meninggalkan update tampilan. tetapi setelah saya pikir pikir teknik seperti ini mahal.

keuntungan antarmuka 7 segment dengan shift register dan latching (74595)

1. cuma membutuhkan 3 port untuk mengendalikan n x 7 segment

2. update tampilan cuma 1 kali jika ada perubahan saja.

kerugiannya:

– mahal euy ( wkwkwkwkwkwkwkwkw)

nah ini skematiknya kalian tambahin aja resistor sebelum masuk 7 segment (saya kurang nambahin resistor).

nah ini simulasi dan source nya dapat kalian download


Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 43 pengikut lainnya.