aplikasi rs485 untuk monitoring suhu


ngabuburit di bulan ramadahan di tambah tambah kuring hoream gawe. alias bolos gawe,

lagu ke-1

– membuat monitoring suhu dengan memanfaatkan rs 485 , lm35 ,6x 7 segment dan mikrokontroler. ada 2 lokasi  yang mesti saya pantau suhunya, jaraknya dari rumah saya kira kira sekitar 50 meter. ceritanya nanti rumah saya sebagai servernya.  terus sensor suhu yang dipakai masih  lm35, kurang canggih harganya pun cuma 10.000 perak. masa sensor cuma 10.000 perak. minimal atuh 100.000 biar kelihatan canggihnya.  katanya kata orang PLN kenalan saya orang surabaya kalo sensor suhu pakai lm35 udah di tolak tuh proyek kalo pakai lm35. kwkwkwkwkkwkww. nya nya atuh aya aya wae.

untuk ic rs485 nya pakai 75176 pakai ic itu karena sudah cukup speknya, kalo mau yang lebih edan pakai max485, kelebihannya cuma satu. jumlah node dalam jaringan bisa lebih banyak. kalo 75176 cuma 30 node, kalo max 485 bisa 100 kayanya. cek wen di datasheet. .

untuk mikrokontrolernya memakai atmega 162 sisi server karena juga harus di sambungkan ke pc jadi butuh yang mempunyai 2 uart, dan untuk sisi clientnya memakai atmega 8.

untuk penampilnya memakai 6x 7 segment , masing masing suhu kebagian 3 digit. teknik yang dipakai yaitu memakai switching transistor, cape euy saya memprogramnya. udik. kalo misalnya ga terpaksa ga mau pakai teknik ini, sayangnya karena di rumah saya stok 74595 smd habis ya terpaksa pakai teknik udik bin udik.

2. lagu ke-2 membuat alatnya. berikut gambar untuk sisi servernya

 

gambar ke 2 untuk sisi client, memakai atmega 8

 

gambar ke 3 sensor lm 35

gambar ke 4 wiring rs 485 di sisi server, supply untuk client juga di ambil dari server. 50 meter paling ngedrop cuma sedikitlah. saya pakai 12 v tegangannya.

 

nah kebetulan saya tidak posting programnya atau skematiknya. aplikasi ini selain untuk monitoring suhu, bisa di gunakan untuk aplikasi di rumah sakit, misal untuk pemanggilan perawat. atau juga bisa digunakan untuk komunikasi antar antrian di bank, atau juga banyak di gunakan di industri untuk aplikasi rs485 modbusnya dan masih banyak lagi yang memakai aplikasi ini.

jika ada yang mau pesan. silahkan hubungi dhani nugraha(085228292473).

3 thoughts on “aplikasi rs485 untuk monitoring suhu”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s