modbus protokol komunikasi seperti led flip flop


kenal sama modbus, dulu waktu mencari kerja, di koran syaratnya d butuhkan bisa modbus. namanya canggih modbus keren banget tuh namanya. asalnya belum tahu , setelah tanya om google akhirnya tahu bahwa modbus itu merupakan protokol komunikasi. tapi dulu perkenalan sama modbus hanya tahu gunanya saja, belum tahu makainya gimana, aturan makannya gimana.

baru kemarin akhir januari 2011  ada seorang teman punya alat namanya PMAC720 POWER METER. kebetulan protokolnya modbus. fisiknya rs485. saya disuruh membaca register register dari PMAC720.

alhamdulilah saya ga bego bego amat, basic serial sudah dapat, rs485 sudah dapat, tinggal belajar modbusnya. ternyata gampang banget kaya bikin program led flip flop pada mikrokontroler (sombong lah). modbus tidak hanya orang PLC yang pakai saya juga bisa pakai. wkwkwkwkwkwk

saya tidak akan membahas karena sudah banyak yang bahas. ini link yang membantu saya tentang modbus.

http://www.codeproject.com/KB/recipes/CRC_Calculation.aspx

http://www.rifqion.com/menulis/modbus-protokol-dan-serial-standard/

bener bener tinggal jiplak tidak perlu mikir. udah sok tah. daronlod barudak.

nasihat dari saya untuk para mahasiswa:

– kalian pelajari modbus. protokol di pabrik pabrik pada pakai modbus, biar project mengalir terus pelajari jangan line follower saja. pasti nanti berguna

6 thoughts on “modbus protokol komunikasi seperti led flip flop”

Tinggalkan Balasan

