aplikasi sensor PIR dengan AVR TRAINER 2.0


Ceritanya di kontrakan saya ada yang kemalingan motor. tapi itu sudah terjadi. untuk meningkatkan keamanan kontrakan, saya sebagai sarjana lulusan t.elektro masa tidak mampu membuat alat pendeteksi maling, atau kalo tidak mampui buat pun masa tidak tahu harus beli dimana alat tersebut. .

ini baru contoh simple saja. saya tadi membeli sensor PIR di universal electronic harganya 65.000. lumayan bisa di aplikasikan untuk pendeteksi manusia. karena ini hanya modul yang mudah digunakan,saya langsung saja, pasangkan modul PIR dengan modul avr trainer 2.0.

pada modul PIR ada 3 pin terdiri dari vcc,out dan gnd, untuk supply nya saya kasih 5v.

Keluaran dari modul PIR yang saya beli ini ketika ada manusia yaitu 3.5 v, dan ketika tidak ada yaitu 0 v. nah gampang sekali. udah saja saya langsung sambungkan dengan pin biasa misalanya pind.7. nah program utamanya seperti ini.

for(;;)
{
if(bit_is_set(PIND,7))
{
lcd_clrscr();
lcd_goto(line1);
lcd_puts(“ada penjahat”);
buzzer_hi;
_delay_ms(1000);
buzzer_lo;
_delay_ms(1000);
}
else
{
lcd_goto(line1);
lcd_puts(“aman aman saja”);
}
}

ini photo sensor pir nya

 

pemasangan sensor pir di jendela

 

nah mungkin untuk ke depannya akan saya tambahkan lagi beberapa sensor, mungkin akan saya tambahkan sensor IR,

15 thoughts on “aplikasi sensor PIR dengan AVR TRAINER 2.0”

  1. mau nanya, sensor PIR yg ada di gambar itu, apa ada tipenya? apa ada jenis2 sensor PIR? bedanya apa? mohon infonya… saya mau beli sensor spt itu juga soalnya.
    makasih sebelumnya

  2. banyak mba modelnya. tapi kita biasanya sudah tinggal pakai saja. saya kemarin pesen di china beda beda terus, tapi fungsinya dan pin outnya percis sama

  3. mas sya pesan sensor PIR nya ya sekalian dibuatkan prog.n cara instal ke kit avr 2 sya. oya display dengan indikator nomor loket gimana mas , inputnya pake ldr /sensor PIR.Tanks mas

  4. sensor PIR sebagai input untuk menggerakkan display 7 segmen up counter.tolong mas ya dibuatkan. n brapa harga sensor PIR n programnya. trimaksih mas sya tunggu untuk pamran 2 minggu lagi.

  5. sbnernya yg d dteksi sensor pir apanya dr manusia sih???
    panas tubuhkah??
    gerakankah??
    cahayakah??
    or apa??

    bisa d jelaskan???

  6. inputnya dapat mengaktifkan up counter 7segmen dari mas dani bisa ngak ya.ya aplikasinya pada penghitung mobil yg masuk..trimks

Tinggalkan Balasan

