sensor ultraviolet uvitron (sensor api)


Sensor ini memberikan sinyal aktif apabila mendeteksi adannya sinyal ultraviolet. Tipe sensor yang dipilih adalah Hamamatsu R2868. Prinsip kerja sensor ini adalah mendeteksi adanya gelombang ultraviolet pada range 185 – 260 nm,sensor ini bisa digunakan untuk mendeteksi api lilin karena api lilin berada pada range tersebut. sensor ini memiliki jangkauan hingga 5 meter.

Sensor diatas sangat presisi dan sangat rentan sekali. Dalam perlakuannya sensor tersebut tidak boleh dipegang secara langsung oleh tangan manusia. Hal ini disebabkan karena bisa mengurangi sensitivitas dari sensor tersebut (kata datasheetnya)

modul ini terdiri dari 2 bagian, tabung uvitron dan drivernya (C3704) Tabung UVtron terdiri ata dua kaki yaitu pin katoda dan anoda, untuk dapat beroperasi normal UVtron butuh suplay tegangan antara 350 -400 V DC, karena sumber tegangan yang digunakan hanya 5 V maka digunakanlah sebuah driver untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Driver dc yang digunakan adalah type Hamamatsu C3704 yang mampu menghasilkan catu hingga 350V DC dengan Vcc 5 V. driver ini selain berfungsi sebagai penyedia tegangan untuk UVtron juga berfungsi sebagai pemproses sinyal yang diperoleh dari tabung UVtron R2868 dan kemudian mengolah data tersebut menjadi data digital.

3 thoughts on “sensor ultraviolet uvitron (sensor api)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s