uart1 atmega 128 bermasalah


jika kalian mencoba coba uart 1 atmega 128 bermasalah, pasti gara gara salah setingan fuse bitnya. saya kemarin punya masalah seperti itu, udah diotak atik hardwarenya, dicek pakai osciloscope, tetapi tidak ada sinyal keluar sedikitpun dari kaki txd1 atmega 128, akhirnya saya yakin ini pasti gara gara setingan fusebit. saya memakai crsytal 11.0592 MHZ

berikut setingan yang harus diperhatikan agar uart1 bisa jalan, program downloadernya saya pakai usb asp, biasa avr dude.

problemuart1

7 thoughts on “uart1 atmega 128 bermasalah”

  1. saya lagi nyoba atmega128 juga,
    masalahnya kalo uart1 nya jalan tp uart2 nya ga jalan,kira2 masalahnya dari mana?
    setingan fuse bit atmega128 kalo pake ponyprog, gimana ya?

  2. saya lagi nyoba atmega128 juga,
    masalahnya kalo uart1 nya jalan tp uart2 nya ga jalan,kira2 masalahnya dari mana?
    setingan fuse bit atmega128 kalo pake ponyprog, gimana ya?

    Thanks….

  3. MAAF MAS , SAYA MENYEBUT UART1.
    KARENA DI DATASHEET ADANYA UART0, SAMA UART 1

    JADI PENGERTIANNYA UART2 MENURUT MAS ITU SAMA DENGAN UART1 MENURUT SAYA.

  4. oo gitu ya….
    kira2 kalo misalkan saya pake uart0 & uart1 yang terhubung ke 1 ic max232 sperti dbawah ini:
    atmega128 max232
    – rxd(PE0) > r2out
    – txd(PE1) > t2in
    – rxd1(PD2) > r1out
    – txd1(PD3) > t1in
    menurut maz rangkaiannya sudah bener blm ya?
    ketika dicoba uart0 nya aja yang jalan (PE0&PE1),uart1 nya g jalan…gimana ya?

    thanks.

  5. rangkaiannya sudah benar.

    itu permasalahannya di fusebit, saya udah nyoba. pas m103 nya ngga diaktifkan bisa jalan.
    mending dilihat aja pakai osiloskop keluaran txd1 nya, biar jelas. siapa tahu max232nya yang rusak sebagian.

  6. Saya ada masalah dengan pemakaian atmega128,
    di alat yg saya buat
    -rxd(PE0) dan txd(PE1) untuk sensor
    -rxd1(PD2) dan txd(PD3) untuk serial k komputer dngn dku 5.
    data bisa tertampil di komputer dengan benar,
    tapi waktu komputer ngasih perintah ke mikro kok gak ada respon ya?
    Kira2 knp ya?

Tinggalkan Balasan

