jika ic optocoupler bermasalah.


jika anda punya masalah dengan optocoupler jenis u atau jenis apa saja dan ic optocoupler, yang kadang sulit untuk mencapai logika low atau 0. maka anda harus mencoba memakai teknik darlington. berikut rangkaiannya. tegas cul, saya sudah pernah mencobanya. silakan mencoba sendiri kalo tidak percaya.

opto

4 thoughts on “jika ic optocoupler bermasalah.”

  1. Permisi Mas ato Mbak, mau tanya, gimana caranya ya supaya bentuk gelombang output dari rangkaian penguat opto bener2 kotak (_|¯|_) gak berbentuk trapesium (/¯\) ato segitiga (/\)
    Mohon jawabanya
    Trima Kasih..

  2. tergantung dari inputnya mas , pi bisa juga di atur dari outputnya, kalau pakai bisa di tambahkan IC TTL 7407 di jalur keluarnya , pi darlinton gambar diatas salah , arus yang masuk dari colector opto ke emitor di lanjutkan lagi ke kolektor dan emitor transistor terlalu besar , rangkaian ini bisa cepat merusakkan komponen, yang benar adalah colector gabung dengan kolector trus emitor opto ke basis transistor, lalu pull up colektor dengan resistor, aq biasanya pakai 4k7 untuk tegangan 5v, kalau ini di buat untuk aktif = low, pi kalau di buat aktif = 1 colector langsung ke 5v dan emitor transistor di pulldown ke groun dengan resistor 1k untuk tegangan 5v, maaf sedikit koreksi semoga berguna

  3. ya mas secara teori salah. saya sudah coba seperti yang dikatakan mas. tapi hasilnya jelek. terima kasih sarannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s