sensor jarak devantech SRF-04 Buatan Parallax


Sensor ini sering digunakan di ajang lomba krci, meskipun harganya cukup mahal 450.000 tapi sensor ini kaya bala-bala dan combro. tinggal beli karena biasanya uangnya dari kampus. jadi tidak perlu mikir mahal atau murah. sensor srf04 merupakan sensor jarak yang cukup bagus, selain bentuknya yang kecil. juga keteleitiannya membaca jarak

tah ieu sensor na teh

r93-srf04memakai sensor ini sangat enak sekali, tidak ada rangkaian tambahan apapun, hanya perlu 4 kabel. vcc,gnd,trigger dan echo. untuk programnya pun tidak terlalu rumit karena sudah banyak di internet. tinggal copy paste, jadi deh.

srf04

‘=========================================
$regfile = “m32def.dat” ‘ATMEGA 32
$crystal = 4000000 ‘KECEPATAN 4 MhZ
$baud = 4800 ‘Baudrate 4800
‘====================================== ‘ultrasonik
Config Timer0 = Timer , Prescale = 256 ‘TIMER SRF04
Dim Data_jarak As Byte

Triger Alias Portb.3
Pecho Alias Pinb.4
‘===================================srf
Config Portb.3 = Output
Config Pinb.4 = Input

DECLARE Sub Cek_jarak

DO
CALL CEK_JARAK
PRINT DATA_JARAK
LOOP

Sub Cek_jarak:
Reset Triger
Waitus 10
Set Triger
Waitus 20
Reset Triger
Tcnt0 = 0
Bitwait Pecho , Set
Start Timer0
Do
If Pecho = 0 Then
Data_jarak = Tcnt0
Stop Timer0
Exit Do
End If

If Tifr.0 = 1 Then
Stop Timer0
Tifr.0 = 1
Data_jarak = &HFF
Exit Do
End If
Loop
Stop Timer0
Waitms 15
End Sub

14 thoughts on “sensor jarak devantech SRF-04 Buatan Parallax”

  1. sebelumnya,saya mempekenalkan diri..
    nama saya reino mahasiwa dari unair

    saya mau tanya prog.baskom untuk menampilkan data jarak bagaimana?
    data dari sensor devantech srf04 hanya data berupa bil.desimal mentahan saja..
    ap memakai rumusan tertentu..
    sya memakai atmega16
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih,mohon bantuannya…

  2. hai…
    salam kenal..
    boleh minta tolong gak?
    saya lagi bikin TA dengan judul Pengaman sepeda motor berbasis mikrokontroler.
    yang prinsip kerjanya sebagai berikut:
    alarm akan berbunyi jika sepeda motor berpindah tempat,dan kunci kontak berpindah dari posisi lock ke posisi off/on.dan jika pencuri berhasil membawa kabur motor maka pada jarak 2m motor akan mati sendiri,dan jika pencuri dapat menghidupkan kembali maka pada jarak yg sama motor akan mati dan pencuri tidak bisa menyalakan motor kembali.

    kurang lebih prinsip kerja seperti itu
    saya mohon bantuan dan kerja samanya y….

    saya belum mendapat rangkaian2nya.
    ujian saya -1bln lagi ne…plzzz
    terima kasih sebelumnya dan saya tunggu bantuan anda

    1. banyak banget sensor yang harus dipakainya.
      sensor piezoelektrik(sensor getar), pasti kalo ada yang mencuri motornya bergetar. untuk deteksi awal.
      sensor untuk mengetahui perpindahan jarak(sensor gyroscope /encoder).
      sensor untuk mengetahui kunci on/off.

  3. @reino
    untuk data jaraknya kamu harus lakukan percobaan terlebih dahulu, nanti bandingkan dengan jarak sebenarnya. nanti kamu bikin rumusan dari hasil perbandingan itu

  4. @ira
    kalo pengen bagus pakai sensor gyroscope.
    kalo buat TA cukup pakai sensor pantul aja,optocoupler.
    nanti saya kasih rangkaiannya.

  5. mas saya masih bingung tentang codingnya

    bingungnya tentang mencetak hasil jarak itu gmna cranya???

    kan aq masih pemula, mhon bantuannya…

    thanx

  6. mas dani saya bisa bantu saya tidak.

    saya ada membuat dotmatrik sendiri sebagai tampilan untuk pengujian sensor jarak D-Sonar. akan tetapi tidak sinkron. ilustrasinya saya meletakkan halangan dihadapan sensor 50cm selama 5-10 detik, setelah itu tidak saya halangi lagi, tetapi yang masih muncul didotmatriknya tampilan yg 50cm td sampai tulisannya selesai berjalan kekiri. gimana tu solusinya mas dan, tolong saya dong penting ni,bals lewat email ga papa jg

  7. mas saya wahyu ..
    mas punya coding untuk srf 04 dengan mikronya atmega8535.bahasanya memakai bahasa c yang disertai dengan penjelasannya.karena saya ingin mempelajari bahasa c untuk sensor ultrasonik.mohon bantuannya..

    terima kasih.

Tinggalkan Balasan

